Scroll to top

Batu Bara Di Jalan Umum
Batu Bara Di Jalan Umum #
User

Batu Bara Di Jalan Umum

KABUPATEN PASER, BTV.CO.ID -  Aktivitas angkutan tambang batu bara, menggunakan jalan umum, secara terang terangan melintas di seputaran ruas jalan di Kabupaten Paser, yang diklaim DISHUB Kabupaten Paser, tidak dilarang sepanjang sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu disampaikan kepala DISHUB Kabupaten Paser, Inayatullah, yang menyatakan tidak ada larangan untuk angkutan barang melintasi jalan umum, sesuai Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Namun demikian aturan tersebut berlaku bagi muatan tertentu, dengan dimensi kendaraan sesuai kelas jalan, yang harus dapat dibuktikan dengan alat timbangan, dimana kapasitas jalan di Kabupaten Paser masuk kategori kelas 2 atau maksimal 8 ton.

Walau demikian ia sendiri mengakui, kapasitas angkutan tambang batu bara dapat melampaui dari kapasitas kelas jalan. Dengan demikian perlu adanya alat timbangan portable untuk membuktikan muatan kendaraan.

Baca Lainnya :

Sementara itu diketahui larangan melewati jalan umum diatur pada PERGUB KALTIM, nomor 43 tahun 2013, tentang petunjuk pelaksanan penyelenggaraan jalan umum, dan jalan khusus untuk kegiatan pengangkutan batu bara dan kelapa sawit.

Video Terkait:
TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments