Scroll to top

Demam Babi Afrika Menyerang Ternak Babi di Berau, Dipastikan Tidak Menulari Manusia
Demam Babi Afrika Menyerang Ternak Babi di Berau, Dipastikan Tidak Menulari Manusia #
User

Demam Babi Afrika Menyerang Ternak Babi di Berau, Dipastikan Tidak Menulari Manusia

KABUPATEN BERAU, BTV.CO.ID - Dinas Pertanian dan Peternakan, DISTANAK Kabupaten Berau, memastikan puluhan babi milik peternak di kampung maluang dan paribau, kecamatan gunung tabur, positif terserang virus asian swine fever atau ASF. Atau disebut juga demam babi Afrika.

 

Sebelumnya diketahui, demam ini telah menyebabkan kematian massal ternak babi sejak 10 Mei 2021 lalu.

Baca Lainnya :

 

Kepala DISTANAK Kabupaten Berau, Mustakim Suharjana, mengatakan diagnosa tersebut didapat setelah dilakukan uji sampel darah dan organ babi yang mati, oleh dinas peternakan dan kesehatan hewan Kalimantan Timur, dengan balai Veteniter Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

 

Diketahui data terakhir ada 78 ekor ternak babi yang mati, dari 680 populasi. Ini merupakan kasus pertama yang terjadi di Kabupaten Berau.

 

Untuk menghentikan penularan, DISTANAK telah mengambil langkah untuk mengeleminasi seluruh ternak babi milik warga, sebab jika disatukan dikhawatirkan penularannya meluas.

 

Meski demikian, mustakim memastikan virus tersebut, tidak akan menular ke manusia. Namun tetap diimbau, agar warga yang hendak ke kandang menggunakan masker, sarung tangan dan sepatu boot, juga tetap menjaga kebersihan.

Video Terkait:
TAGS: kaltim

Write a Facebook Comment

Leave a Comments