Penulis : Bhakti Sihombing | Editor : Roy MS

Tanah Grogot, btv.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Kabupaten Paser tak mau ketinggalan untuk terlibat dalam bursa calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Paser 2020. Disaat partai-partai politik lainnya sudah hampir tuntas melangsungkan penjaringan, giliran Partai Berkarya yang menduduki satu kursi di DPRD Kabupaten Paser membuka penjaringan.

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Paser, Andi Samudera mengakui hal tersebut, meski penjaringan oleh pihaknya tak terlalu terpublikasi. “Kita tidak umumkan, tapi sebagai politisi harusnya memahami, dan tidak perlu diumumkan. Dia harusnya mengerti dimana tempat-tempat peluang perahu.” Kata Andi Samudera saat ditemui Senin (10/2/2020) kemarin.

Ia menerangkan, pendaftar dapat mengambil formulir pencalonan di Sekretariat DPD Partai Berkarya Kabupaten Paser, mulai 5 Februari lalu. “Kita sudah buka penjaringan sejak Rabu, 5 Februari 2020 lalu. Ini dilakukan tanpa biaya administrasi, hanya saja jika ada kandidat yang ingin berkontribusi untuk pengantaran berkas ke Provinsi, kami persilahkan. Yang jelas tidak dipaksakan”, imbuhnya.

Sampai dengan lima hari pendaftaran dibuka, partai berkarya sudah menerima dua berkas kandidat. Ia menambahkan penjaringan yang digelar partainya ini untuk memenuhi kebutuhan kursi agar dapat mengusung kandidat. Andi memastikan, pada Pilkada Paser tahun ini partainya berkoalisi dengan Partai Golkar.

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Paser, Andi Samudera melihat peluang menjadi penentu pengusungan calon dalam koalisi partainya.

Meski hanya memiliki satu kursi, posisi Partai Berkarya pun dianggap krusial bagi langkah Partai Golkar. Pasalnya, agar dapat mengusung calon, Golkar masih perlu mendapat suntikan dukungan minimal satu kursi.

“Kekuatan Golkar ada bersama kita. Sehingga kandidat harus pandai membaca situasi, karena bisa saja, satu partai menjadi juru kunci. Karena kemana arah Golkar kita ada di sana nantinya. Golkar kurang satu kursi lagi, kami ada di sana untuk memenuhi pengusungan kandidat”, ungkapnya.

Melalui Koalisi ini, Andi ingin kandidat yang melamar melalui perahu Golkar juga masuk dalam penjaringan Partai Berkarya. “Jika melamar ke Golkar, etisnya juga melamar ke Berkarya. Sebagai politisi, kandidat harusnya paham hal itu”, tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here