Kedua Kalinya Gelar Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras
DPKP Kaltara Gencarkan Diversifikasi Pangan

By EDI RIYANTO 23 Sep 2020, 16:39:43 WIB Advertorial
Kedua Kalinya Gelar Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras

Kalimantan Utara , btv.co.id - Dinas pertanian dan ketahanan pangan provinsi kalimantan utara (kaltara) mulai gencar melakukan sosialisasi diversifikasi pangan lokal sumber karbohidrat non beras / digelar ke dua kali rabu 23 september 2020 di hotel grand ballroom kabupaten bulungan.

Sosialisasi diversifikasi pangan lokal sumber karbohidrat non beras memiliki 3 kegiatan, diantaranya talkshow bersama akademisi pertanian, bernatal saragi, dan ketua persatuan ahli Gizi Kaltara, Agust Suwandy.

Baca Lainnya :

Selain Talkshow, ada pula mini bazar UMKM olahan singkong, serta lomba lunch box berbasis sumber kabrohidrat singkong, diikuti 12 organisasi wanita di Kabupaten Bulungan.

Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kaltara, Wahyuni Nuzband mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah memberi pemahaman pada masyarakat bahwa sumber karbohidrat tidak hanya terdapat pada beras, namun juga ada pada ubi,sagu, jagung, singkong dan sebagainya. sehingga masyarakat tidak harus mengalami ketergantungan konsumsi beras, dan mulai mengkonsumsi sumber karbohidrat dari bahan makanan lainnya.

“setidaknya kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi kondisi masyarakat terhadap ketergantungan konsumsi beras, padahal ada penganti beras lainnya seperti ubi, sagu, jagung dan lainnya“

Kepala balai pengkajian teknologi pertanian kalimantan timur (kaltim) yang kini juga menangani kaltara, Muhammad amin turut hadir mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, baginya edukasi seperti ini bermanfaat untuk mengoptimalkan konsumsi pangan local, mengingat lahan non hutan di kalimantan utara masih luas.

“kegiatan seperti ini bagus terus dicanangkan sehingga kita dapat mengoptimalkan ketergantungan terhadap pangan lokal, kan bagus kalau konsumsi beras dan pangan lokal lainnya seimbang“




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Subscribe

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.