Scroll to top

Pelanggaran Pertambangan Batu Bara Di KALTIM Tahun 2020
Pelanggaran Pertambangan Batu Bara Di KALTIM Tahun 2020 #
User

Pelanggaran Pertambangan Batu Bara Di KALTIM Tahun 2020

SAMARINDA, BTV.CO.ID - JATAM KALTIM, POKJA 30, WALHI KALTIM, perkumpulan nurani perempuan dan Lbh Samarinda, atau dikenal sebagai koalisi masyarakat sipil KALTIM, rabu 30 Desember 2020 menggelar refleksi akhir tahun, dengan tema Oligarki Ekstraktif di tengah pandemi.

Dalam refleksi tersebut, diulas pelanggaran terkait lingkungan hidup dalam kegiatan pertambangan batu bara di KALTIM, yakni sebanyak 38 kasus. meliputi pencemaran dan perusakan lingkungan, perampasan tanah, kriminalisasi warga, tambang ilegal hingga tentu saja, kasus anak yang mati di lubang bekas galian tambang.

Pradarma Rupang, Dinamisator JATAM KALTIM mengatakan, di tengah krisis akibat pandemi yang memukul sektor kesehatan dan perekonomian, pelanggaran industri tambang justru kian menjamur, sebagai imbas minimnya pengawasan pemerintah dan keberpihakan politik oknum-oknum tertentu.

Baca Lainnya :

Adapun jumlah kasus tambang ilegal di KALTIM mencapai 10 kasus, dan ancaman keselamatan masyarakat sebanyak 7 kasus, ia mempertanayakan peran pemerintah yang menurutnya tidak tampak. Padahal seyogianya pemerintah harus mampu melindungi masyarakat dan berpihak pada kepentingan rakyat, bukan golongan maupun kepentingan manapun.

Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments