Scroll to top

Program Desa Diselaraskan Dengan Visi Kabupaten
Program Desa Diselaraskan Dengan Visi Kabupaten #
User

Program Desa Diselaraskan Dengan Visi Kabupaten

KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA, BTV.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, melakukan bedah nilai desa berstatus maju dari indeks desa membangun yang ditentukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi.

Kabupaten Penajam Paser Utara di tahun 2020 menjadi satu-satunya Kabupaten dengan status desa maju di Provinsi Kaltim, berdasarkan hasil pengukuran kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (PDTT).

Kategori atau status desa di Kabupaten Penajam Paser Utara terbagi menjadi tiga, yang pertama tiga desa berstatus mandiri, sembilan desa berstatus maju dan delapan belas desa berstatus berkembang.

Baca Lainnya :

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten PPU, Usep Supriatna di kantornya Selasa 20 April 2021 menargetkan di tahun 2021, minimal tiga atau empat desa maju berkembang menjadi mandiri.

Sembilan desa maju di Kabupaten PPU diantaranya, desa disorejo di Kecamatan Penajam dan desa Gunung Mulia di Kecamatan Babulu.

Demi meningkatkan status desa maju tersebut dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, melakukan bedah nilai idm serta mengintervensi program pemerintah desa agar selaras dengan visi misi pemerintah kabupaten.

Salah satunya soal mitigasi bencana dan penanganan virus covid 19 dimana pemerintah desa diminta ikut melakukan testing, tracing dan treatmen.

“Kemarin dalam peninjauan apbdes kami melakukan bedah IDM masing-masing desa yang maju dan berkembang. Supaya bisa mencapai nilai indeks desa membangun yang lebih baik. Contoh seperti mitigasi bencana dan penanganan covid 19. Desa maju diantaranya desa sidorejo di kecamatan Penajam dan Gunung Mulia di Kecamatan Babulu.”

Video Terkait:
TAGS: kaltim ekombis

Write a Facebook Comment

Leave a Comments