Scroll to top

Sanggar Seni Rebuntung, Harumkan Nama Kabupaten Paser Di Dunia
Sanggar Seni Rebuntung, Harumkan Nama Kabupaten Paser Di Dunia #
User

Sanggar Seni Rebuntung, Harumkan Nama Kabupaten Paser Di Dunia

KABUPATEN PASER, BTV.CO.ID - Sanggar seni Rebuntung yang mengeksplorasi adat istiadat, seni dan budaya nusantara dari Kalimantan, tepatnya Paser, beberapa waktu terakhir menyabet gelar juara di tingkat dunia. Yakni juara satu dalam ajang Sopravista International Festivals, untuk kategori Folklor Instrument Percussion.

Kelompok yang personelnya rata-rata diisi pelajar berusia 14 hingga 17 tahun ini, menyisihkan kurang lebih 400 peserta dari 28 negara, yang mengalunkan instrumen bertajuk A Latter To The World, atau surat untuk dunia, di Italia secara virtual.

Sementara sanggar seni rebuntung menyuguhkan aksi 8 orang pemeran, dengan 2 alat musik tradisional yang dimainkan, diantaranya tambur atau gendang oleh 6 orang. 3 laki-laki dan 3 perempuan. Dan tengkanon yang dimainkan 2 orang laki-laki lainnya.

Baca Lainnya :

Diketahui pesan dari karya yang ditampilkan, dalam kesempatan itu menceritakan kegelisahan terkait kondisi terkini alam, yakni hutan Kalimantan bagi dunia. Dimana hutan Kalimantan adalah paru-paru dunia yang harus tetap dijaga.

Badaruddin, juga meminta perhatian pemerintah atas prestasi dan capaian sanggar seni Rebuntung. Sementara dalam waktu dekat, mereka akan pergi ke Italia, guna menjemput kemenangan yang diraih.

Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments