Scroll to top

Bangun Posko, Kodam VI/Mulawarman Pastikan Keamanan Pembangunan IKN
User

Bangun Posko, Kodam VI/Mulawarman Pastikan Keamanan Pembangunan IKN

Penajam Paser Utara , Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melalui Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman telah membangun posko di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Keberadaan posko ini merupakan bentuk dukungan penuh TNI AD terhadap program pemerintah dalam pembangunan IKN.

“Posko ini kami buat dalam rangka untuk menjamin keamanan proses pembangunan di IKN, ini adalah satu peran kita dalam membangun ibu kota negara,” ujar Panglima Kodam Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso didampingi Kasdam VI Mulawarman, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, bersama pejabat utama Kodam VI Mulawarman, disela-sela silaturahmi dengan media se-Kaltim saat mengunjungi Posko Aju Kodam VI Mulawarman di IKN Nusantara, Selasa (05/04/2022).

Baca Lainnya :

Keberadaan Posko Aju Kodam VI Mulawarman di IKN Nusantara, bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para pekerja yang melaksanakan tugas pembangunan di IKN. Terutama saat ini sudah mulai banyak material yang disiapkan dan akan segera dilakukan pembangunan. 

Posko Aju Kodam VI Mulawarman ini merupakan kantor dengan fasilitas yang cukup lengkap, dimana di dalamnya ada ruang Pangdam VI, Kasdam, Ruang Pertemuan hingga ruang untuk personel TNI. Sumber air bersih di posko ini berasal dari ground tank, dan sambungan listrik dari PLN. Posko terdiri dari delapan boks container, pemilihan container ini dimaksudkan agar memudahkan mobilisasi bangunan ke tempat lain. Pasalnya, ke depan posisi posko kemungkinan akan berpindah.

“Lokasi posko ini masuk dalam kawasan pembangunan Istana Negara Nusantara, sehingga nanti posko ini bisa saja dipindahkan ke lokasi lain, jika pembangunan sudah dilakukan. Lokasi posko tak jauh dari titik nol IKN Nusantara, tepatnya di Lokasi calon Istana Negara.” Ujar Teguh dalam sambutannya dihadapan awak media.

Sementara ini, Kodam VI Mulawarman menempatkan sebanyak 12 personel atau 1 regu, guna melaksanakan patroli rutin di lokasi IKN Nusantara. Dan kemungkinan jumlahnya akan ditambah dengan melihat perkembangan pembangunan di lokasi IKN. Dimana rencananya akan disiapkan 6 Satuan Setingkat Kompi (SSK).

“Hari-hari saya di Kodam, Balikpapan, ini incidental saya disini. Posko sudah dibangun sekitar 1,5 hingga 2 bulanan dan lebih kurang sudah 5 kali saya menggunakan ruangan ini. Kalau disana, ruangannya memang permanen, dari sisi luas jelas lebih luas, sisi nyaman juga nyaman. Tapi kami sebagai tentara dimana saja bisa nyaman.” Kata Teguh saat memperlihatkan ruang kerjanya di posko Aju. (nia)

TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments