Scroll to top

Hari Kedua HKG ke-50 dan BBGRM ke-19  Wagub Hadi Mulyadi Tanam Tanaman Endemik Balikpapan di Kebun R
User

Hari Kedua HKG ke-50 dan BBGRM ke-19 Wagub Hadi Mulyadi Tanam Tanaman Endemik Balikpapan di Kebun R

Balikpapan - Pada hari Kedua kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 Provinsi Kaltim, Selasa (2/8/2022) kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan senam bersama dan penanaman pohon di Kebun Raya Balikpapan. Kegiatan hari kedua ini dibuka Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.


Senam bersama dilaksanakan pukul 08.10 WITA  kemudian disusul dengan penanaman pohon. Dimana terdapat dua jenis tanaman yakni anggrek dan jahe Balikpapan, yang menjadi tanaman endemik Kota Balikpapan.

Baca Lainnya :


Hadir pula Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud serta para pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan, Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas'ud, serta pengurus TP PKK Balikpapan.

 

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Muyadi mengungkapkan, kegiatan ini menjadi rangkaian HKG PKK se Kaltim, dan bentuk apresiasi kepada Kota Balikpapan atas terselenggaranya kegiatan ini. 


“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi ajang silahturahmi dan tukar informasi keunggulan masing-masing kabupaten/kota se-Kaltim untuk dikembangkan," ucap Wagub Hadi Mulyadi.


"Kebun Raya Balikpapan dengan luasan 300 hektar ini bisa menjadi bagian dari upaya menjaga kelestarian alam. Harapannya, kita bisa menyimpan berbagai spesis tanaman yang spesifik dan langka kita harap juga semua Kabupaten Kota punya kebun raya,” ucapnya 


Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud berharap  KRB bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Kaltim dan menjadi bagian melestarikan alam sehubungan dengan Ibu Kota Negara baru di Kaltim, dimana Balikpapan sebagai kota penyanggah.

"Apalagi Kaltim sebagai IKN yang baru. Pembangunan tentu perlu, tapi jauh lebih penting melestarikan lingkungan kita, jangan sampai merusak alam,” kata Rahmad.


Dirinya meyakini pemerintah pusat pasti telah memiliki program dan perencanaan untuk menjaga habitat dan melestarikan hutan yang ada di Kaltim sebagai IKN yang baru nantinya. 


Sementara itu Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena menambakan, pihaknya sudah merencanakan kegiatan penananman jahe Balikpapan dan anggrek ini. Karena tema yang diambil pun jahe Balikpapan yang menjadi ikon pada gelaran HKG ke-50 dan BBGRM ke-19 ini.


"Harapannya dengan penananman ini, jahe Balikpapan bisa berada di habitatnya sendiri. Kemudian, Balikpapan kan memang memiliki rumah anggrek. Dari 1.000 jenis, saat ini kita sudah punya 100 jenis,” tutup Nurlena Rahmad. (nia)

TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments