Scroll to top

Dirjen HAM Kemenkumham RI Apresiasi Fasilitas dan Layanan Ramah HAM Imigrasi Balikpapan
User

Dirjen HAM Kemenkumham RI Apresiasi Fasilitas dan Layanan Ramah HAM Imigrasi Balikpapan

Balikpapan – Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI mengunjungi Kantor Imigrasi Klas IIA Balikpapan dalam rangka Kegiatan Pencanangan dan Pembinaan Lembaga Pelayanan Publik Berbasis HAM di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim, Selasa 2 Agustus 2022.

Direktur Jenderal HAM, Dr. Mualimin Abdi beserta Kanwil Kemenkumham Kaltim, Ditjen HAM dan FNF Indonesia didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama melakukan pengamatan di setiap ruang pelayanan meliputi Customer Service, pengambilan paspor Drive Thru, layanan paspor WNI, layanan izin tinggal WNA, fasilitas ramah HAM, ramah disabilitas, ramah anak hingga Taman Inspirasi dan lapangan futsal yang terletak di Rooftop lantai 6.

“Saya lihat dan cek layanannya sedemikian rapi petugas juga cekatan. Saya selaku Direktorat Jenderal Kemenkumham melihat bahwa Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Balikpapan telah memenuhi kualifikasi sebagai kantor yang di dalam pelayanannya terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme kemudian non diskriminasi.“ ungkap Mualimin Abdi.

Baca Lainnya :

Sarana dan prasarana serta pelayanan yang ada dinilai sangat baik dan patut menjadi contoh bagi kantor pemerintahan lainnya. Terutama pada pelayanan bagi Ibu hamil, menyusui, anak-anak hingga disabilitas. Diketahui Kantor Imigrasi Klas IIA Balikpapan juga melakukan peningkatan kualitas dan kemampuan petugas pelayanan keimigrasian yang terdapat di frontliner melalui pelatihan bahasa isyarat.

“Layanan non diskriminasi untuk WNI ataupun WNA, setelah selesai pelayanan ada pilihan untuk diantar atau diambil.  Juga berkepastian dan berkeadilan bagi mereka yang berkebutuhan khusus mendapatkan layanan khusus, sementara yang umum sesuai dengan mekanisme web dan lain sebagainya.“ lanjutnya.

Mualimin optimis jika semua layanan seperti Kantor Imigrasi Balikpapan maka kepuasan masyarakat sebagai penerima pelayanan dari kantor pemerintah akan sangat baik. Karena layanan berbasis Hak Asasi Manusia, ada kepastian yang berkeadilan, tidak korupsi, kolusi, nepotisme dan professional.

Kegiatan pencanangan dan pembinaan lembaga pelayanan publik berbasis HAM ini akan dilanjutkan pada Rabu, 3 Agustus 2022 di Hotel Gran Senyiur Balikpapan dengan rangkaian kegiatan diantaranya pembacaan teks deklarasi pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM atau P2HAM dan penandatanganan surat pernyataan P2HAM. Dimana Dr. Mualimin Abdi akan menyampaikan keynote speech. (Nia)

TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments