Pertamina Grup Kalimantan menyerahkan bantuan berjumlah Rp. 2 Miliar untuk mendukung upaya pengendalian pandemi covid-19 yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan. Donasi diserahkan secara simbolis diterima Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi di Balai Kota Selasa, 12 Mei 2020.

Reporter : Edy Suratman | Editor : Roy MS

Balikpapan, btv.co.id – Pertamina Grup Kalimantan yang terdiri atas Pertamina RU V Balikpapan, Marketing Operation Region VI Kalimantan, Pertamina EP Asset 5, Pertamina Hulu Mahakam, dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur mendukung upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Dukungan tersebut direalisasikan dengan cara menyerahkan bantuan bernilai Rp 2 Miliar kepada Pemerintah Kota.

“Ini bentuk dukungan kami kepada pemerintah untuk bersama-sama memutus mata rantai dan juga membantu kepada masyarakat terdampak. Secara simbolis kami serahkan kepada Walikota total bantuan 2 Miliar Rupiah dari Pertamina Grup Balikpapan,” ujar General Manager RU V Balikpapan, Mulyono saat penyerahan bantuan Di Balai Kota, Selasa (12/5/2020).

Seluruh bantuan yang disalurkan disesuaikan dengan kebutuhan setempat. Di antaranya kebutuhan untuk tenaga medis yakni, surgical mask, APD, dan minuman penguat stamina seperti susu dan madu. Sedangkan untuk warga-warga di beberapa kelurahan, berupa penyediaan wastafel portabel dan bantuan healthy kit.

Bantuan yang diberikan kali ini meliputi, 2.926 paket sembako, 36 wastafel, dan 1.155 Alat Pelindung Diri. Selain itu, adapula bantuan berupa penyemprotan desinfektan untuk puluhan titik fasilitas umum, alat penyemprot dan cairan desinfektan, healthy kit (masker, multivitamin, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan), dan beberapa barang untuk penjaga imun dan stamina tubuh.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan sekaligus sebagai pelaksana tugas koordinator Forum Komunikasi Pertamina Kalimantan Roberth M.V Dumatubun menjelaskan, bantuan tersebut merupakan kelanjutan dari penyaluran serupa pada 3 Maret 2020 lalu. Pertamina Grup memastikan, sebagian lainnya akan disalurkan hingga beberapa pekan mendatang.

“Bantuan penanggulangan covid-19 ini telah disalurkan sejak bulan Maret dan masih ada sebagian yang akan direalisasikan dalam beberapa minggu kedepan,” tegas Roberth.

Penyaluran bantuan juga telah melalui koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, aparat kepolisian, dan instansi terkait lainnya sehingga penyaluran lebih tepat sesuai dengan kebutuhan yang ada. Untuk itu Pertamina juga berterima kasih atas peran aktif dari pihak kecamatan, kelurahan, hingga pengurus RT setempat yang telah membantu penyaluran bantuan-bantuan kepada warga yang benar-benar terdampak akibat covid-19.

Menanggapi itu, Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas dukungannya. “Saya ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan bantuan kepada warga di Balikpapan, terutama di wilayah Ring 1 daerah kerjanya karena lingkungan tersebut adalah tanggung jawab dan kepentingannya”, kata Rizal.

Pertamina Turut Berkontribusi Gerakkan Roda Perekonomian Demi Menekan Dampak  Pandemi Covid-19

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengapresiasi kontribusi Pertamina Kalimantan dalam menekan dampak pandemi terhadap perekonomian masyarakat Balikpapan.

Selama masa pandemi, Pertamina guna menjamin kelancaran penyaluran energi untuk kebutuhan masyarakat yakni, dalam penyediaan Bakar Minyak dan LPG, tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Untuk menjaga keseimbangan produksi serta kapasitas, Pertamina RU V mengoptimalkan lebih kurang 700 tenaga kerja lokal Balikpapan dalam mendukung proyek perbaikan dan pemeliharaan kilang yang berlangsung mulai 20 April – 31 Mei 2020. Alih-alih merumahkan pegawai di tengah krisis ekonomi akibat pandemi.

“Pertamina RU V justru menambah tambahan tenaga kerja. Pastinya kami telah membekali para pekerja untuk mentaati prosedur protokol pencegahan covid-19,” imbuh Roberth.

Para pekerja diwajibkan menjalani pemeriksaan tensi, suhu tubuh, dan tes keseimbangan sebelum masuk ke dalam kilang secara rutin tiap harinya. Mereka juga dibekali dengan multivitamin dan selalu dianjurkan untuk menjaga jarak, mencuci tangan dengan benar, dan selalu mengutamakan keselamatan dengan menggunakan APD lengkap.

Salah satu pekerja TA, Juliana Sandra Dewi merasakan betul manfaat dari prosedur-prosedur yang diterapkan.

“Kami sangat salut dan berterima kasih keapda Pertamina, karena kondisi sekarang sangat sulit mendapatkan pekerjaan dan pendapatan pun tidak didapatkan seperti kondisi normal. Alhamdulillah melalui tangan Pertamina kami dapat menyambung hidup,” akunya.

Tidak hanya dari segi penyerapan tenaga kerja, Pertamina juga membantu meningkatkan produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan mitra binaan Pertamina.

Berkat dukungan Pertamina, UMKM yang merupakan mitra binaannya mampu mencapai omzet hingga Rp. 500 Juta per awal Mei 2020.

“Roda ekonomi UKM Balikpapan juga terbantu berkat program mitra binaan Pertamina. Pertamina belanja barang-barang bantuan tersebut mengutamakan dari UKM tersebut, hingga ratusan juta rupiah,” sebut Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Roberth menambahkan, pencapaian tersebut diperoleh dari pengoptimalisasian mitra binaan untuk barang-barang bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak. Pertamina sekaligus membantu promosi produk mitra binaan, baik untuk konsumsi internal dan eksternal terutama yang bergerak di sektor penjualan kebutuhan pangan.

“Saat-saat seperti ini adalah saat yang membutuhkan kerjasama, sinergitas, dan kepedulian yang tinggi. Karena yang bisa selamat dari kondisi seperti ini dan membangkitkan semangat secara sosial dan ekonomi adalah berkat kebersamaan yang kuat,” tutup Roberth.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here